Gizmo5 Akan Ditutup Google

Posted by Bima Patriagama on Mar 25, 2011

Share this history on :
Pada 2009 lalu Google mengakuisisi Gizmo5, sebuah layanan telepon VoIP yang memungkinkan konsumen untuk menerima dan menelepon dari komputer pribadinya ataupun dari aplikasi yang ada pada smartphone-nya. Google akhirnya mulai memberi tahu konsumennya tentang rencana penutupan layanan Gizmo5 pada 3 April 2011 melalui email yang dikirimkan kepada konsumennya secara pribadi.


Sejak mengakuisisi Gizmo5 pada 2009 lalu, Google telah mengaplikasikan layanan Gizmo5 pada Gmail atau Gtalk-nya yang memungkinkan penggunanya untuk menelepon melalui inbox email-nya. Gizmo5 adalah fitur yang sangat hebat dibandingkan Google Voice karena Gizmo5 juga memiliki dukungan aplikasi SIP dan memungkinkan konsumen melakukan panggilan telepon melalui koneksi Wi-Fi yang tidak bisa dilakukan dengan Google Voice. Layanan ini banyak disukai oleh pengguna Gtalk ataupun Gmail karena kemudahannya dan lebih murah dibandingkan pengguna harus menelepon melalui telepon rumah mereka.

Gizmo5 juga sangat berguna bagi perusahaan yang ingin menghemat biaya telepon mereka dan tentunya membawa layanan ini sebagai layanan bisnis bagi perusahaan. Untuk itu, Gizmo5 harus digabungkan dengan perangkat keras seperti sistem SMB PBX, yaitu Asterisk, yang memungkinkan layanan ini dijadikan sebagai saluran telepon bisnis perusahaan dan mendukung adaptor telepon analog yang sesuai dengan jaringan Gizmo5 VoIP.

Layanan ini juga memiliki aplikasi desktop yang dapat dibiarkan terbuka setiap harinya tanpa harus khawatir tentang koneksi telepon terputus ketika tab tertutup pada saat menerima panggilan. Teknologi yang juga sedang dikerjakan oleh Google adalah desktop klien untuk Google Voice yang digabungkan dengan teknologi Gizmo5. Namun, proyek tersebut gagal karena adanya dukungan plugin Gmail atau Gtalk pada browser.

Konsumen yang sudah terlanjur melakukan pembayaran melalui kredit dan memiliki sejumlah simpanan pada account-nya dapat meminta uangnya kembali dengan melakukan login ke situs http://my.gizmo5.com. Jika berada di Amerika Serikat, pelanggan dapat memilih untuk melakukan transfer simpanan mereka ke account Google Voice yang dimiliki. Apabila permintaan pengembalian lewat dari tanggal 3 April 2011, Google akan mengembalikan sisa kredit dengan metode pembayaran melalui Monebookers.

Artikel Terkait

Article :

{ 0 comments ... read them below or add one }

Post a Comment