Tingkatan Hacker Versi Marc Rogers

Posted by Bima Patriagama on Mar 11, 2011

Share this history on :
Setelah sobat membaca artikel-artikel saya yang lalu mengenai khususnya tingkatan/hierarki hacker, kali ini saya akan menambahkan sedikit pengetahuan buat sobat tentang tingkatan-tingkatan menurut Marc Roger. Menurut Marc Roger, Hacker dapat di-identifikasi menjadi beberapa tingkatan yaitu:


  • Tool Kids/Newbies, orang-orang yang baru belajar aktifitas hacking, namun kemampuan komputer serta teknik pemrograman relatif terbatas dan hanya baru bisa membuat program-program dasar. Aktifitas hacking yang dilakukan umumnya menggunakan bantuan aplikasi yang terdapat di internet hingga tidak murni mengandalkan kemampuan individunya.

  • CyberPunk, Orang-orang yang memiliki pengetahuan dan teknik komputer yang lebih tinggi dibandingkan Newbies. Mereka sudah mampu memahami karakteristik dari sistem jaringan ataupun sistem yang sedang mereka serang. Pengetahuan mereka tentang bahasa pemrograman cukup handal, karena mampu mendefinisikan hingga karakteristik umumnya. Dengan kemampuannya ini, dia sudah mampu menciptakan alat bantu infiltrasi sendiri, hingga tidak lagi menggunakan program-program bantu yang tersedia di internet. Aktifitas-aktifitas yang dilakukan memiliki kecenderungan untuk kriminal seperti defacing web, carding, ataupun spamming.

  • Internals, Orang-orang yang masih bergabung ataupun pernah (mantan) bekerja dengan perusahaan TI. Dengan kemampuan komputer dan programming yang handal. Dan melakukan berbagai aktivitas hacking dengan mengandalkan berbagai kombinasi sumber daya internal maupun eksternal yang ada untuk berbagai tujuan. Contohnya, pelanggaran yang paling sering dilakukan adalah breaking over previledge activity, yaitu segala aktifitas yang melanggar batasan-batasan hak yang dimiliki.

  • Coders, Golongan ini dikenal juga sebagai resources, yaitu orang-orang yang menjual berbagai informasi yang ada di internet ke pihak-pihak yang membutuhkan. Kemampuan programming dan teknisnya sangat handal dan kelompok ini memperoleh berbagai data ataupun informasi yang dapat dijual. Coders juga membantu membuat berbagai aplikasi bantu hacking yang dibutuhkan oleh para hacker ataupun attacker/cracker yang membutuhkan.

  • Old Guard Hackers (Idealism Gate Keepers), para hacker sejati yang murni melakukan aktifitas-aktifitas hacking dalam rangka untuk tujuan ilmiah dan kebaikan semua pihak. Jumlah golongan ini relatif sangat sedikit, karena idealisme yang dijunjung memaksa mereka untuk menggunakan kode etik yang dijunjung tinggi oleh para hacker, yaitu kemampuan di atas segalanya.

  • Professional Criminals, para attacker/cracker yang bergerak atas nama kelompok ataupun individu dan melakukan berbagai aktifitas cyber crime sebagai sumber kehidupan utamanya. Kemampuan yang dimiliki oleh kelompok ini sangat sempurna karena mengkombinasikan berbagai piranti keras dan pengetahuan programming yang bisa diandalkan dengan dibantu data/informasi yang diperoleh dari Coders. Aktifitas kejahatan yang dilakukan tidak lagi dalam kelas CyberPunk yang lebih banyak pada target individu, namun justru pada kalangan korporat dengan jalan merampok dana yang tersedia dengan melakukan transfer secara tersembunyi

  • Cyber Terrorist, sekelompok orang atau individu yang bertindak atas dasar sentimen kepada suatu kelompok atau pihak tertentu, dan melakukan berbagai aktifitas yang bertujuan untuk menunjukkan eksistensi mereka pada lingkungan dunia. Tingkatan kemampuan yang dimiliki kelompok ini adalah yang tertinggi karena menggabungkan berbagai sumber daya yang ada, level kemampuan, bahkan menggunakan sarana prasarana bantuan dari pihak sponsor yang membantu seperti satelit telekomunikasi.

Semoga sedikit pengetahuan ini dapat menambah wawasan bagi sobat-sobat yang ingin mengetahui lebih dalam seluk-beluk dunia hacker. Semoga bermanfaat! :-)


Artikel Terkait

Article :

{ 0 comments ... read them below or add one }

Post a Comment