Istilah Dalam Grafik Game - Did You Know??

Posted by Bima Patriagama on Apr 23, 2011

Share this history on :
Postingan saya kali akan mencoba menjelaskan istilah-istilah sulit dalam grafik game yang mungkin sebagian dari kita belum tau definisi istilah-istilah sulit ini. Apa itu pixel, vektor, bit, dan sebagainya? Pasti masih banyak sobat yang belum tau kan? Ya udah langsung saja sob simak artikel saya kali ini!


  • Pixel - sering disebut picture element (1 titik dalam 1 grid persegi atau beribu titik individual yang digambarkan jadi suatu bentuk image pada layar).
  • Vektor - gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva berdasarkan rumus matematik.
  • Bit - digit dalam system angka (ukuran terkecil dalam sebuah komputer).
  • Resolusi - jumlah pixel dalam suatu citra (gambar).
  • Batch - sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan.
  • Batch Processing - proses batch file pada komputer yang dilaksanakan satu demi satu tanpa interupsi (gangguan) pengguna.
  • Benchmark - pengujian untuk mengukur kerja hardware atau software.
  • Cache Memory - subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat.
  • GPU (Graphics Processing Unit) - sebuah device yang secara khusus ditugaskan hanya untuk mengolah tampilan graphics.
  • Anisotropic Filtering - metode mempertajam kualitas tekstur / tampilan gambar 3D terutama pada gambar yang letaknya jauh dari objek utama.
  • Anti Aliasing - teknik yang digunakan untuk menghaluskan tampilan sehingga menjadi halus seperti garis lurus (Aliasing adalah tepi dari gambar 3D yang tidak rata / tidak halus).
  • DirectX & Dirext3D - kumpulan API dari Microsoft yang berguna menangani tugas yang berhubungan dengan multimedia (sound card, graphics card, input device, dan network).
  • OpenGL - kumpulan API yang khusus berhubungan dengan tampilan gambar 3D (dan sedikit 2D).
  • Shader Model - standar dari Microsoft untuk menentukan jenis shader yang digunakan (pixel shader dan vertex shader).
  • Transform and Lighting (T&L) - proses peningkatan kualitas gambar 3D sehingga lebih mirip dengan keadaan dunia nyata.
  • High Dynamic Range (HDR) - teknik menjadikan gambar 3D menjadi lebih realistis dan memungkinkan tampilan gambar menggunakan warna yang nilainya lebih tinggi daripada nilai normal yang biasanya digunakan.

Nah, diatas adalah beberapa istilah-istilah sulit dalam grafik game. Bila ada kekurangan atau kesalahan / sobat ingin menambahkan lagi silahkan tulis aja di kotak komentar.
Semoga bermanfaat sob! :D


Artikel Terkait

Article :

{ 2 comments ... read them below or add one }

MaPhia BlacK said...

I'm Here Boz..
http://i634.photobucket.com/albums/uu69/chibabeck/onion%20head/hihihi.gif

Crazy Maniac said...

@Maphia black : thanks sdah brkunjung sob. :D

Post a Comment